Sekda Buka Rakor PPID


Sekdakab Tala, H Dahnial Kifli saat menghadiri Rakor PPID untuk membawa keterbukaan informasi

PELAIHARI – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Tala menggelar rapat koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta pejabat penghubung lapor di Aula Pencerahan Bappeda Tala Kota Pelaihari, Selasa (10/3).

Rakor tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tala, H Dahnial Kifli dan dihadiri Asisten Administrasi Umum Setdakab Tala, Safarin serta Kepala Diskominfo Kabupaten Tala, Rudi Ismanto.

Danil (sapaan akrab Sekda Tala) itu mengharapkan, PPID dapat memberikan semua informasi yang dibutuhkan masyarakat. “Dokumentasi atas semua kegiatan maupun kinerja, dikelola menjadi materi yang harus diketahui publik,” tuturnya.

PPID juga dituntut untuk mampu melayani permohonan informasi yang dibutuhkan masyarakat selama memiliki tujuan benar.

Oleh karena itu, PPID perlu mengetahui tujuan permohonan informasi sehingga bisa melayani permintaan dengan sebaik mungkin dan berpegang pada prinsip cepat, tepat waktu dan berbiaya ringan.

Selain itu, ia mengungkapkan pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan berbasis data merupakan aspek penting yang masih belum memperoleh perhatian cukup dalam pengelolaan pemerintahan.

Sebab, masih belum tertata sistem penataan data dan informasi, sehingga data dan informasi kerap tidak tercatat secara baik dan tidak terklasifikasi. “Penyebab ini tidak diperhatikan, akhirnya tidak dapat digunakan,” jelas Danil.

“Dengan kehadiran sistem layanan informasi publik dan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik ini, menjawab kebutuhan untuk pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan berbasis data menjadi lebih baik lagi,” demikian Dahnial Kifli. can/ani

 

Sumber : https://matabanua.co.id/2020/03/13/sekda-buka-rakor-ppid/

Menurut Saudara bagaimana kinerja Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tanah Laut?

  • Hari Ini (29 Kunjungan)
  • Kemarin (46 Kunjungan)
  • Total (33008 Kunjungan)