Bupati Tala Lepas Pasien Sembuh Covid – 19 dari Balangan


Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta saat melepas pasien Covid – 19 yang telah sembuh setelah dirawat di RSUD H Boejasin Pelaihari

PELAIHARI  –  Suasana haru bercampur bahagia mengiringi pemulangan pasien Covid – 19 kode HB – 02 asal Kabupaten Balangan yang telah dinyatakan sembuh dari virus corona dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hadji Boejasin Pelaihari.

Berdasarkan hasil Swab Test atau uji laboratorium (tes yang dilakukan dengan keakuratan tinggi) HB – 02 telah dinyatakan negatif Covid – 19.

Kepulangan pasien langsung dilepas Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta dan dijemput Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Erwan Karya Mega Latif di Halaman RSUD H Boejasin Pelaihari, Kelurahan Sarang Halang, Senin (20/4).

Terlihat para Petugas medis ruang isolasi Covid – 19 berdiri berjajar menyambut keluarnya pasien dari ruang isolasi menggunakan kursi roda yang didorong oleh salah satu petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Bupati Tala, H Sukamta bersyukur karena salah satu pasien positif Covid – 19 di RSUD H Boejasin dapat sembuh dan mengapresiasi kinerja dan usaha dari petugas medis dan jajaran RSUD H Boejasin yang telah memberikan perawatan terbaik untuk pasien tersebut.

“Kita memberikan apresiasi setinggi – tingginya kinerja dari seluruh petugas medis dan jajaran RS ini yang telah menyelamatkan nyawa seseorang, kalian telah berjuang keras menyelamatkan para pasien dan semoga keyakinan kita semakin kuat demi kesembuhan pasien yang lainnya,” ujar Sukamta.

Sukamta mengingatkan bahwa pengidap Covid – 19 bukanlah aib, jangan dijauhi atau dikucilkan, justru menurutnya orang – orang yang terpapar virus corona harus dibantu dan didukung secara gotong royong di masyarakat.

“Penyakit ini bisa sembuh, orang yang terpapar Covid – 19 ini harus kita bantu, keluarganya dibantu jangan dikucilkan tidak perlu dikucilkan bahkan harus dibantu secara gotong royong untuk menunjang kehidupan keluarganya,” ucap Sukamta.

Sukamta menambahkan bahwa saat ini masih ada dua pasien positif virus corona di RSUD H Boejasin dengan kode HB – 01 dari Kabupaten Tanah Bumbu dan HB – 03 juga dari Tanbu masih menjalani perawatan.

“Saya ingin kita berdoa bersama – sama untuk kesembuhan dua pasien tersebut, semoga menyusul pasien dari Kabupaten Balangan ini yang bisa sembuh dan kembali ke daerah asalnya,” harap Sukamta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Karya Mega Latif mewakili Bupati Balangan serta seluruh masyarakat Kabupaten Balangan mengucapkan terimakasih kepada RSUD H Boejasin karena telah merawat dan melayani warganya yang positif Covid – 19 sampai dengan sembuh.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada petugas medis dan jajaran RSUD H Boejasin karena telah merawat pasien kami sampai dengan sembuh,” ujar Erwan.

Erwan juga menambahkan bahwa pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pasien yang telah sembuh dari Covid – 19 agar bisa diterima kembali di masyarakat.

“Kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pasien yang sudah sembuh dari Covid – 19 sudah tidak menularkan virus corona lagi dan bisa kembali diterima di masyarakat,” jelasnya.

Namun demikian, Erwan mengungkapkan HB – 02 akan menjalani proses penstabilan kondisi kesehatan terlebih dahulu dibawah pengawasan Dinas Kesehatan Balangan.

Pada pelepasan pasien Covid – 19 yang telah sembuh tersebut turut berhadir Dandim 1009 Pelaihari, Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi, Kepala Dinas Kesehatan Tala, Hj Nina Sandra dan Direktur RSUD H Boejasin dr Isna Farida. can/ani

 

Sumber : https://matabanua.co.id/2020/04/21/bupati-tala-lepas-pasien-sembuh-covid-19-dari-balangan/

Menurut Saudara bagaimana kinerja Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tanah Laut?

  • Hari Ini (34 Kunjungan)
  • Kemarin (46 Kunjungan)
  • Total (33013 Kunjungan)