DEMI ADIPURA, PEDAGANG BUAH DAN SAYUR DI PASAR PELAIHARI DI BAHU JALAN DI TERTIBKAN


BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI-  Jejeran pedagang buah di Pasar Pelaihari, Tanahlaut yang mengisi badan jalan di kawasan tersebut ditertibkan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanahlaut, dibantu oleh Satpol PP Tanahlaut, Dinas Perhubungan Tanahlaut dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanahlaut, Selasa (16/5/2019) sore.

Tak hanya pedagang buah, pasar sayur di bagian belakang Bajuin Plaza Pelaihari pun juga dibersihkan. Bahkan mobil pemadam kebakaran dari BPBD Tanahlaut juga diturunkan untuk pembersihan tersebut.

Tak ada perlawanan dari para pedagang. Sebagian di antaranya merasa tahu diri keberadaan mereka yang berjualan di bahu jalan dan area larangan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Rina, pedagang buah di kawasan tersebut. Rina juga terpaksa harus memindah dagangannya lebih ke bagian bawah agar usahanya masih tetap berjalan.

Perempuan tersebut menyatakan kalau dirinya sama sekali tidak keberatan akan penertiban itu.  Informasi yang Rina ketahui pula, bahwa pembersihan tersebut untuk penilaian Adipura nantinya.

Setiap tahun ujar Rina memang selalu ada penertiban serupa. Sebagaimana penilaian Adipura yang memang dilakukan setahun sekali. Setiap ada agenda itu pula, para pedagang tidak bisa berjualan di bahu jalan selama beberapa hari.

Perihal pembersihan tersebut, Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tanahlaut, Rakhmadi menerangkan, para pedagang pasar buah yang berada di pinggir jalan diberi batas waktu.

Kawasan tersebut ujarnya harus steril hingga pukul 22.00 wita, Selasa (16/7/2019).

‘Penertiban pedangan pasar buah ini satu di antaranya dalam rangka adanya penilaian Adipura. Jadi mulai belakang Bajuin Plaza hingga ke Jalan Datudaim, Pelaihari kami bersihkan,” ucap Rakhmadi.

“Pedagang yang berada di bahu jalan dan tenda yang kurang bagus maka akan kami bersihkan,” tambahnya.

Ia sampaikan pula, keberadaan pasar buah di bahu jalan tersebut dianggap menggangu ketertiban lalu lintas. Selain itu ruko-ruko yang berada di pasar pun menjadi tertutup.

Tidak boleh adanya pedagang di bahu jalan ujar Rakhmadi akan belangsung selama tiga hari. Berikutnya, penanganan akan kembali diserahkan ke Dinas Perhubungan yang mengelola bagian jalan atau parkir di kawasan tersebut.

Rakhamdi juga menerangkan, pasar tersebut nantinya akan direlokasi ke depan Bajuin Plaza. Begitupun pasar sayur di kawasan Bajuin Plaza yang hanya diperbolehkan berjualan pada pagi hari.

 

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Demi Adipura, Pedagang Buah dan Sayur di Pasar Pelaihari di Bahu Jalan Ditertibkan, https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/07/16/demi-adipura-pedagang-buah-dan-sayur-di-pasar-pelaihari-di-bahu-jalan-ditertibkan.
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo

Menurut Saudara bagaimana kinerja Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tanah Laut?

  • Hari Ini (26 Kunjungan)
  • Kemarin (35 Kunjungan)
  • Total (22505 Kunjungan)